pidato bertemakan "pergaulan bebas"

Written By irfan dwimardianto on Selasa, 05 Maret 2013 | 20.43


PERGAULAN BEBAS
Karya : irfan dwi mardianto
Assalamualaikumwr.wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat allah SWT atas berkat rahmat-Nya kita dapat berada di tempat ini dengan keadaan yang sehat.Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada ibu guru yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato yakni “pergaulan bebas”.
Teman-teman yang sayabanggakan

Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengan baik di lingkungan maupun dari media massa.
Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.
Penyebab pergaulan bebas sikap mental yang tidak sehat,pelampiasan rasa kecewa , kegagalan remaja menyerap norma .
Pertamasikap mental yang tidaksehat ,Sikap mental yang tidak sehat membuat banyaknya remaja merasa bangga terhadap pergaulan yang sebenarnya merupakan pergaulan yang tidaksepantasnya, tetapi mereka tidak memahami karena daya pemahaman yang lemah.
Kedua pelampisan rasa kecewa , yaitu ketika seorang remaja mengalami tekanan dikarenakan kekecewaannya  terhadap orang tua yang bersifat otoriter ataupun terlalu membebaskan, sekolah yang memberikan tekanan terus menerus (baik dari segi prestasi untuk remaja yang sering gagal maupun dikarenakan peraturan yang terlalu mengikat), lingkungan masyarakat yang memberikan masalah dalam sosialisasi, sehingga menjadikan remaja sangat labil dalam mengaturemosi, dan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekelilingnya, terutama pergaulan bebas dikarenakan rasa tidak nyaman dalam lingkungan hidupnya.
Ketiga kegagalan remaja menyerap norma ,hal ini disebabkan karena norma-norma yang ada sudah tergeser oleh modernisasi yang sebenarnya adalah westernisasi.
Dampak dari pergaulan bebas yaitu Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “dugem” (dunia gemerlap). Yang sudah menjadi rahasia umum bahwa di dalamnya marak sekali pemakaian narkoba. Ini identik sekali dengan adanya seks bebas. Yang akhirnya berujung kepada HIV/AIDS. Dan pastinya setelah terkena virus ini kehidupan remaja akan menjadi sangat timpang darisegala segi.
Solusi untuk pergaulan bebas Kita semua mengetahui peningkatan keimanan dan ketakwaan kepadaTuhan YME, penyaluran minatdan bakat secara positif merupakan hal-hal yang dapat membuat setiap orang mampu mencapai kesuksesan hidup nantinya. Tetapi walaupun kata-kata tersebutsering ‘didengungkan’ tetap saja masih banyak remaja yang melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan. Selain dari pada solusi di atas masih banyak solusi lainnya. Solusi-solusi tersebut adalah sebagai berikut:
1.Memperbaiki cara pandang dengan mencoba bersikap optimis dan hidup dalam “kenyataan”
2. Menjaga keseimbangan pola hidup.
3. Jujur pada diri sendiri.
4. Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain.
5. Perlunya remaja berpikir untuk masa depan.
Demikianlah pidato darisaya. Terima kasih atas segala perhatian dan sekali lagi mohon maaf atas segala kekurangannya. Dan Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Akhir kata, wabilahitaufikwalhidayah….

Wasalamu’alaikumWr. Wb








Ditulis Oleh : irfan dwimardianto ~Learning Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul pidato bertemakan "pergaulan bebas" yang ditulis oleh Learning Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20.43

0 komentar:

Poskan Komentar