10 Hewan Punah Yang Ingin Dibangkitkan

Written By irfan dwimardianto on Rabu, 20 Maret 2013 | 01.01



Beberapa waktu yang lalu digelar konferensi National Geographic yang dipromotori oleh TEDx, di sana semua ilmuwan bertemu di kota Washington untuk membahas hewan punah apa saja yang harus kita bangkitkan kembali dari kepunahan. Para ilmuan juga membahas bagaimana, mengapa, dan etika dalam upaya pengembalian hewan langka yang sudah punah itu. Mereka menyebutnya dengan istilah ‘de-extinction.’ Ada beberapa spesies purba (dinosaurus) yang tidak masuk dalam proyek ini karena mereka sudah sangat lama punah. DNA mereka telah lama rusak, sehingga ilmuan tidak mendapatkan sampel untuk proses biologis, misalnya kloning. Berikut adalah 24 hewan punah yang akan dibangkitkan kembali oleh para ilmuan suatu hari nanti, di antaranya yaitu .

1.                   Parkit Carolina
Parkit Carolina adalah spesies burung beo asli hanya ada di Amerika Serikat bagian timur. Hewan langka ini terakhir kali ada pada tahun 1904 di Florida. Faktor penyebab utama kepunahannya adalah perdagangan bulu warna-warni burung ini untuk aksesoris topi wanita ‘.
2.                   Macaw kuba
Burung dengan bulu yang indah ini adalah Macaw Kuba. Burung ini tinggal di Kuba dan merupakan spesies terakhir dari macaw Karibia yang sebentar lagi akan punah, penyebab utamanya adalah deforestasi pemukiman manusia. Hewan langka yang sudah punah ini dilihat manusia di alam liar sebelum tahun 1900-an.
3.                   Mythical Auroks
Mythical Aurochs bukanlah burung mitos yang tidak ada keberadaannya. Hewan punah ini adalah nenek moyang sapi domestik dan tinggal di seluruh Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Mereka punah pada tahun 1627.
4.                   Dodo
Dodo yang dikenal sebagai burung yang tolol, tapi hewan punah ini adalah burung yang hidup dalam ekosistem tanpa predator alami. Manusia yang datang di pulau asalnya (Mauritius) membunuh Dodo untuk makanan.
5.                   Seaside Duske Sparrow
Burung imut ini adalah adalah Seaside Dusky Sparrow yang bisa ditemukan di Florida Selatan. Secara resmi dinyatakan punah pada tahun 1990 setelah manusia mulai melakukan penyemprotan insektisida DDT pada habitatnya untuk membunuh nyamuk.
6.                   Duck Labrador
Duck Labrador adalah hewan langka yang menghilang di antara tahun 1850 sampai dengan 1870. Sebenarnya daging mereka tidak enak, sehingga tidak diburu secara luas untuk dimakan. Dan sampai sekarang tidak ketahui penyebab asli kepunahannya.
7.                   Hen Heath
Hen Heath tinggal di pesisir Amerika Utara sampai 1932. Hewan punah ini dibuat untuk makan malam karena kelezatan dagingnya.


8.                   Burung Pelatuk Ivory-billed
Burung ini hidup di “hutan perawan” di bagian tenggara Amerika Serikat, tetapi hewan langka ini dinyatakan punah pada tahun 1940-an. Lab Cornell Ornitologi menawarkan hadiah $ 50.000 bagi peneliti yang bisa mengantarkan spesimen ini hidup kembali.



9.                    Burung Pelatuk Imperial
              Burung Pelatuk Imperial sebenarnya mungkin masih hidup di pedalaman hutan, namun mereka lebih dari 50 tahun tidak dilihat oleh para ilmuan. Burung ini dianggap punah karena seluruh habitatnya di Meksiko telah dihancurkan manusia.



10.               Great Auk
              Hewan langka ini mengalami kepunahan pada pertengahan abad ke-19. Burung ini tinggal di Atlantik Utara dari utara Spanyol melalui Kanada. Mereka punah karena kombinasi dari perubahan iklim selama Little Ice Age yang membawa predator beruang kutub ke dalam habitat mereka, dan juga perburuan manusia.
http://marketing-arif.blogspot.com





Ditulis Oleh : irfan dwimardianto ~Learning Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 10 Hewan Punah Yang Ingin Dibangkitkan yang ditulis oleh Learning Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 01.01

0 komentar:

Poskan Komentar