Relative Pronouns(Kata Ganti Penghubung)

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 18.20




RELATIVE PRONOUNS (Kata ganti penghubung)


RELATIVE PRONOUNS
(Kata ganti penghubung)
Kata  Who, Whom, Whose, Which, That  bisa diartikan ’yang’.
Kata-kata tersebut dapat berfungsi sebagai kata penghubung dalam kalimat 

WhoDigunakan untuk orang
WhomDigunakan untuk orang sebagai obyek
WhoseDigunakan untuk nenyatakan kepunyaan
WhichUntuk benda
ThatUntuk orang dan benda
Contoh penggunaan  ’Who’  sebagai kata ganti penghubung :
 The man who is reading is Mr WilliamOrang yang sedang membaca itu adalah Pak William
The woman who is writing is Miss AnneWanita yang sedang menulis itu adalah Nona Anne
The boy who is eating is my brotherAnak laki-laki yang sedang makan adalah saudara saya
The girl who is singing is my cousinGadis yang sedang menyanyi itu saudara sepupu saya
Contoh penggunaan  ’Whom’  sebagai kata ganti penghubung :
 The girl whom Tom is teasing is my sister-in-lawGadis yang sedang dirayu Tom adalah saudara ipar saya
The man whom we met yesterday has nine childrenOrang laki-laki yang kita jumpai kemarin itu mempunyai sembilan anak
The woman whom I have talked to will buy a houseWanita yang telah saya ajak bicara itu akan membeli rumah
Contoh penggunaan  ’Whose’  sebagai kata ganti penghubung :
 The girl whose mother was angry with me last night is my loveGadis yang ibunya marah kepada saya  tadi malam adalah pacar saya
The boy whose toy John broke yesterday is my cousinAnak laki-laki yang mainannya rusak oleh John kemarin adalah saudara sepupu saya
The man whose wife died last week is my teacherLelaki yang istrinya meninggal dunia pada minggu yang lalu itu adalah guru saya
Contoh penggunaan  ’Which’  sebagai kata ganti penghubung :
 The pensil which John is holding is redPensil yang John pegang itu berwarna merah
The gun which was on the table was only a toySenjata yang diatas meja itu adalah hanya mainan
The house which stands on that hill is very oldRumah yang berdiri diatas bukit itu sangat tua
The letter which came yesterday was from MariaSurat yang datang kemarin itu adalah dari Maria


Ditulis Oleh : Unknown ~Learning Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Relative Pronouns(Kata Ganti Penghubung) yang ditulis oleh Learning Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 18.20

0 komentar:

Posting Komentar